Petani pun Bisa Keren dengan Teknologi

No comment 290 views

4875aaa48-b69a-4289-a42e-9d0c3bc492d6_169Jakarta - Teknologi bisa membawa segala hal berkembang lebih jauh. eFishery misalnya, yang membantu para petani ikan dalam bisnis mereka.

"Bikin startup bukan buat gaya-gayaan. Tapi punya impact dan menyelesaikan masalah yang ada di sekitar," kata CFO & co-founder eFishery Muhammad Ihsan Akhirulsyah.

Ihsan dan timnya di eFishery melihat ketidakefektifan pemberian pakan ikan secara manual. Selain tidak adanya ukuran pasti soal jumlah pakan yang diberikan, terkadang ada juga karyawan nakal yang mengambil pakan untuk dijual lagi.

"Dari dulu, di mana-mana cara petani ngasih makan ikan gitu-gitu aja. Bagaimana caranya agar jadi efektif, menghindari kecurangan, dan kualitas hidup petani bisa ditingkatkan. Mereka bisa diakselerasi ketika bertemu teknologi," papar Ihsan saat berbicara di acara Google Launchpad Accelerator.

eFishery adalah alat pemberi pakan ikan otomatis untuk segala jenis ikan dan udang. Tak hanya mengotomatisasi pemberian pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, alat ini juga mencatat setiap pemberian pakan secara real-time.

Pengguna bisa mengakses data pemberian pakan kapanpun dan dimanapun secara lengkap melalui web atau aplikasi. Dengan demikian, tidak ada lagi masalah over-feeding, pemberian pakan ikan yang tidak teratur atau pakan yang diselewengkan.

Bertemu dengan startup dari negara lain saat mengikuti bootcamp di markas Google, di Mountain View, Amerika Serikat (AS), Ihsan mendapat pemikiran bahwa semua startup yang mewakili masing-masing negaranya punya visi sama, yaitu memecahkan masalah di lingkungan sekitar.

"Ketika kami datang ke Silicon Valey, Google memperlihatkan bagaimana platform-nya bisa membawa perubahan. Teknologi bisa membuat kita bertahan dan terus berakselerasi," sebutnya.

Di Mountain View pula, Ihsan bertemu dengan banyak orang yang berjuang di area yang sama. Menurutnya, apapun profesinya, masing-masing orang bisa punya kontribusi besar untuk membuat perubahan.

"Harus tetap ada orang yang jadi petani. Mungkin orang terpikir jadi petani di era sekarang gak keren. Tapi kalau kita beri sentuhan teknologi akan bagus impact-nya. Jadi petani juga keren, bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Teknologi jadi membuat kita bisa ada harapan yang lebih baik untuk diwujudkan," tutupnya. (rns/ash)

Detik.Com

author
No Response

Leave a reply "Petani pun Bisa Keren dengan Teknologi"