Ketika Smartphone Mengubah Drastis Gaya Hidup

54759aa3a-7480-4ee7-b638-76036e60ad53_169

Jakarta - Tak dapat dipungkiri smartphone telah mengubah banyak aspek kehidupan, terutama soal bisnis. Kalau dulunya berbisnis cuma bisa dilakukan oleh orang yang punya modal, berkat smartphone bintang baru di dunia bisnis bermunculan.

Disampaikan oleh Achmad Zaky, CEO Bukalapak, di acara Ngopi detikINET bareng Samsung, Kamis (4/2/2016), punya modal besar dulu adalah hal yang wajib bagi orang yang ingin berbisnis. Namun pakem ini berubah sejak tren smartphone meningkat, kreatifitas menjadi yang utama.

"Yang namanya smartphone membuka kesempatan untuk semua orang. Dulu jualan offline butuh modal besar, orangnya juga harus selalu hadir (di lapaknya), harus juga merekrut (tenaga kerja). Tapi semenjak tumbuhnya bisnis online, yang kreatif yang akan menang," jelas Zaky.

Ditambahkan Zaky, tumbuhnya bisnis online juga mengubah gaya hidup orang-orang. Kalau dulunya mal yang bersifat transaksional atau jualan kerap ramai pengunjung, sekarang lebih sepi karena orang hanya pakai ujung jari untuk berburu barang yang diinginkan.

Itu dampak positif internet di sisi bisnis. Namun sektor lainnya juga tak kalah drastis perkembangannya, misalnya keartisan. Dulu kebanyakan artis bersumber dari kontes-kontes pencarian model yang banyak digelar, misalnya pemilihan gadis sampul atau abang-none.

Tapi sekarang pengguna smartphone bisa menjadikan dirinya sendiri sebagai artis, berkat media sosial yangmenyimpan peluang besar. Sekarang tak sedikit artis yang berasal dari popularitasnya di media sosial. Tak harus punya wajah komersial, karena yang sekarang dilihat adalah kreatifitasnya.

"Dulu seleb tampil dari gadis sampul misalnya, sekarang (banyak artis) datang dari internet. Dari Instagram, Youtube, dan lain-lain," pungkas Zaky.

Ngopi Bareng detikINET 'Dongkrak Jualan Online via Smartphone' didukung oleh Samsung.
(yud/fyk)

Detik.Com

author
No Response

Leave a reply "Ketika Smartphone Mengubah Drastis Gaya Hidup"